Kamis, 21 Maret 2013

Nama-nama Tarian Daerah Riau

 Kebudayaan Yang Ada di Riau


Apa saja kebudayaan yang ada di Riau? Provinsi Riau yang letaknya di pulau Sumatera sangat kaya akan kebudayaan daerah dan adat seni tradisional. Di provinsi Kepulauan Riau terdapat sepuluh bahasa daerah yang digunakan sebagai alat komunikasi.

Banyaknya kebudayaan yang ada di Riau tidak lepas dari banyaknya suku yang ada disana. Di Riau terdapat 17 suku yang menghuni disana dan masing-masing suku tentu saja mempunyai adat dan bahasa daerah yang tidak sama.



Salah satu kebudayaan daerah yang populer dari Kepulauan Riau adalah seni budaya tari. Jenis tarian yang ada di sana sangat banyak, diantara tari-tarian yang populer misalnya Tari Zapin, Tari Melemang, Tari Dayung Sampan, Tari Topeng, Tari Zikir Barat, Tari Engku Puteri, Tari Joget Makcik Normah di pulau Panjang Batam.

Kemudian jika dilihat dari seni musik daerah, di Riau terdapat jenis musik yang berkembang yaitu seni musik Melayu yang merupakan musik langam dan senandung. Musik lainnya yang juga berkembang disana adalah musik Joget Melayu, Inang, Silat, Zapin, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar